Mitra Laboratorium Klinik

Home » Kesehatan » Cuci Usus Besar / Kolon (Colon Cleansing / Colon Hydrotherapy): Pertanyaan Anda

Cuci Usus Besar / Kolon (Colon Cleansing / Colon Hydrotherapy): Pertanyaan Anda

Recent Comments

Mitralab Twitter

Cuci usus besarkolon atau yang dikenal dengan istilah lain seperti colon hydrotherapycolon cleansingirigasi kolon, dan sebagainya adalah terapi yang membilas isi kolon (usus besar) dengan air hangat dan steril untuk mengeluarkan kerak-kerak feces, lendir, dan gas di dalam kolonKerak-kerak feces ini adalah sumber racun (toxin) yang dapat diserap kembali oleh tubuh sehingga mengganggu kesehatan antara lain seperti jerawat (akne), kanker kolon, dan sebagainya. Kerak-kerak feces yang semakin lama menumpuk juga bisa menyebabkan konstipasi (sembelitsusah BAB).

Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sering kami terima beserta keterangannya:

1. Siapa yang membutuhkan irigasi kolon (colon cleansing / colon hydrotherapy)?

Penderita konstipasi (sembelit), penderita jerawat (akne), pasien yang mengeluh perut sering terasa kembung dan/atau bergas, mudah lelah, pening, gangguan kesehatan lain, dan mereka yang ingin awet muda (meremajakan tubuh).

2. Apa kelebihan irigasi kolon (colon hydrotherapycolon cleansing) dalam mengatasi sembelit (konstipasisusah BAB) dibandingkan produk pencahar dan/atau makan makanan berserat?

Makan makanan berserat adalah syarat mutlak untuk hidup sehat dan terhindar dari sembelit/konstipasi. Namun kenyataannya sebagian orang mengabaikan atau lupa hal ini. Irigasi kolon merupakan sarana yang salah satu manfaatnya adalah membantu mereka yang telah gagal mengikuti pola hidup sehat sehingga menderita sembelit (konstipasi). Walaupun pasien sembelit akhirnya terbebas dari kolon mampet, dia seharusnya memperbaiki pola hidupnya. Contoh: berolah raga teratur, makan makanan berserat, dan banyak minum air.

Irigasi kolon adalah pilihan lebih baik daripada pencahar. Pencahar bekerja dengan merangsang iritasi pada kolon sehingga kolon “dipaksa” untuk bergerak mengeluarkan isinya. Efek samping jangka panjang pencahar adalah melemahkan kemampuan kolon untuk bergerak sendiri. Kolon menjadi bergantung pada rangsangan dari pencahar.

3. Apakah irigasi kolon bisa membuat saya kurus (mengurangi berat badan)?

TIDAK.Irigasi kolon tidak mengurangi lemak dalam tubuh. Jika ingin kurus (mengurangi berat badan dalam jangka panjang), Anda harus berolah raga dan mengatur pola makan. Irigasi kolon mengeluarkan kotoran-kotoran (feces) darikolon.

4. Kenapa saya tidak melihat kerak (sisa kotoran/feces) yang keluar saat irigasi kolon?
Kerak-kerak feces yang tertinggal di dalam kolon biasanya sudah menetap selama bertahun-tahun dan mengeras. Maka diperlukan lebih dari 1 kali irigasi kolon untuk mengeluarkan kerak-kerak feces ini. Tahap pencucian awal biasanya disarankan 6 kali (satu kali seminggu). Kemudian tahap perawatan sekitar sebulan sekali.

Kemungkinan lain adalah kolon Anda sudah bersih dari kerak-kerak feces.

5. Bagaimana saya bisa melihat kerak-kerak feces yang keluar?
Mesin kami memiliki “jendela” transparan pada saluran pembuangan. Selain itu, Anda bisa mengamati seluruh prosesnya dari cermin yang digantung di atap.

6. Apakah sakit (apa yang akan saya rasakan)?
Sensasi yang dilaporkan oleh para pasien kami adalah mulas dan/atau rasa ingin BAB yang tidak tertahankan.

7. Berapa lama colon hydrotherapy (irigasi kolon) ini?
Sekitar 45 menit.

8. Kapan saya bisa mulai merasakan hasilnya/manfaat terapi irigasi kolon?
Tergantung kondisi yang dialami pasien. Antara segera atau setelah terapi ke-2 dan 3. Pasien kami dengan konstipasi parah (bertahun-tahun) merasa lega dan bisa tidur lebih nyenyak setelah terapi ke-2.

9. Apa pantangan/syarat untuk menjalani terapi irigasi kolon?
Terapi ini tidak disarankan antara lain bagi wanita hamil, penderita wasir(ambeien/hemorrhoid), kanker usus (kolon), atau mereka yang sudah diketahui memiliki gangguan/masalah kolon berat lainnya (contoh: sudah pernah dioperasi, colostomy, dll).

10. Berapa biaya colon hydrotherapy (irigasi kolon) di Mitra Laboratorium Klinik?
Biaya irigasi kolon (colon hydrotherapy) kami adalah Rp. 370.000 (Tiga Ratus Tujuh Puluh Ribu Rupiah) per tindakan (per pertemuan).

11. Kenapa biaya yang Anda tawarkan mahal?
Sebetulnya biaya ini tidak mahal mengingat manfaat yang Anda terima agar terhindar dari masalah yang lebih mahal. Contoh: kanker kolon, ambeien/wasir, dan lain-lain.

12. Apakah ada pantangan (syarat) sesudah menjalani irigasi kolon?
Laksanakan pola hidup sehat seperti makan makanan berserat, berolah raga, banyak minum air, kurangi makanan berlemak, dan sebagainya.

Kami sarankan juga untuk mengonsumsi suplemen kesehatan kolon (contoh: suplemen yang mengandung bakteri usus).

13. Berapa lama manfaat colon hydrotherapy bisa bertahan?
Manfaat colon hydrotherapy berjangka panjang dan harus didukung inisiatif Anda untuk melaksanakan pola hidup sehat.

14. Bagaimana saya bisa mendaftar?
Hubungi: Mitra Laboratorium Klinik (www.mitralab.com)
Jl. Stadion Selatan 11, Semarang
Telepon: 024-831 6334 atau 844 4149


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Adsense

%d bloggers like this: